Yuli Linda Yunara SKM, Yakin Program KB di Muara Kuang Berhasil Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga

Foto : Kepala Balai Penyuluhan KB Kec.Muara Kuang

OGAN ILIR, oganpost.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir (OI) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) melaksanakan kegiatan Pembinaan Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) dan Program Bangga Kencana di Lini Lapangan di Kecamatan Muara Kuang Kamis (17/10/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat fungsi Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) melalui pertemuan Kelompok Kegiatan (Poktan).

Melalui kegiatan ini, berbagai tim lintas program dan sektor bekerja sama untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya membangun ketahanan keluarga yang bahagia dan sejahtera. Materi yang disampaikan mencakup Program Kampung KB, Tribina (Bina Keluarga Balita/BKB, Bina Keluarga Remaja/BKR, dan Bina Keluarga Lansia/BKL), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA), serta pencegahan stunting.


Yuli Linda Yunara, SKM, Kepala Balai Penyuluhan KB Kecamatan Muara Kuang, mengutarakan pentingnya kegiatan ini dalam kesejahteraan keluarga dan masyarakat.  


“Program KB ini sangat penting dalam membantu masyarakat merencanakan masa depan keluarga yang lebih baik. Melalui monitoring dan evaluasi ini, kami ingin memastikan bahwa program KB di setiap desa berjalan dengan baik, sehingga keluarga di kecamatan Muara Kuang dapat lebih sejahtera. Kami akan terus bekerja sama dengan para kader untuk memastikan bahwa informasi dan layanan KB dapat diakses dengan mudah oleh seluruh masyarakat." Kata Yuli


Sementara itu, Kepala Dinas DPPPAPPKB, Hj. Husnidayati, S.Sos, M.Si, juga menegaskan bahwa program Kampung KB merupakan upaya pemerintah untuk memberikan akses yang lebih baik bagi masyarakat terhadap informasi dan layanan Keluarga Berencana. 


“Harapan kami, melalui pembinaan dan evaluasi ini, keluarga di Muara Kuang dapat lebih sejahtera dan bebas dari stunting.” ungkap husnidayati.


Selain itu, kegiatan ini turut memberikan pemahaman kepada para kader Poktan mengenai peran dan fungsi mereka dalam masyarakat. Mereka menjadi ujung tombak dalam menyosialisasikan berbagai program pemerintah yang berkaitan dengan Keluarga Berencana, kesehatan, dan kesejahteraan keluarga.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Camat Muara Kuang Muhammad Alpian.S.sos, Seluruh Kepala desa dan Lurah di kecamatan Muara Kuang, Seluruh Staff pkb n plkb kecamatan muara kuang,Kader Bina Keluarga Balita (BKB), Kader Bina Keluarga Remaja (BKR), Kader Bina Keluarga Lansia (BKL), Forum Duta Genre Muara Kuang, serta UPPKA dan PIK-R, yang merupakan kelompok-kelompok penting dalam mewujudkan ketahanan keluarga di tingkat desa.


Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah penting dalam mengurangi angka stunting di wilayah Muara Kuang dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Ogan Ilir terkhususnya di kecamatan muara kuang. (RIO)

No comments

Powered by Blogger.