UPTD Pembibitan dan Hijauan Pakan Ternak Solusi Pelestarian Kerbau Pampangan di OKI




OGAN KOMERING ILIR oganpost.com - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) berkomitmen untuk melestarikan kerbau Pampangan, salah satu kekayaan lokal yang perlu dijaga keberadaannya. Sebagai upaya konkret, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten OKI telah mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) untuk pendirian Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pembibitan dan Hijauan Pakan Ternak.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten OKI, Dedi Kurniawan , melalui Drh Ahmad Mustofa, menjelaskan bahwa pendirian UPTD ini sangat penting untuk menjaga kelestarian kerbau Pampangan yang semakin langka. "Dengan adanya UPTD ini, kita dapat melakukan pembibitan dan pengembangan kerbau Pampangan secara terarah dan berkelanjutan," ujar Ahmad Mustofa diruangkerjanya Jumat (20/9/2024).


Dikatakan dia, UPTD Pembibitan dan Hijauan Pakan Ternak nantinya akan memiliki beberapa fungsi utama seperti melakukan pembibitan kerbau Pampangan secara intensif untuk meningkatkan populasi, mengembangkan teknik-teknik pemeliharaan dan pengembangbiakan kerbau Pampangan yang lebih baik, dan Melestarikan genetik kerbau Pampangan agar tidak punah.


“ Sekarang ini yang mengancam kepunahan kerbau pampangan bukan hanya dari penyakit tetapi masih banyak. Maka dari itu guna dari UPTD Pembibitan dan Hijauan Pakan Ternak ini adalah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia supaya lebih tau memanajemen pola melestarikan kerbau pampangan ini sehingga tidak terjadi kepunahan” ucapnya.


lebih lanjut, Ahmad mengungkapkan pendirian UPTD Pembibitan dan Hijauan Pakan Ternak diharapkan dapat memberikan solusi konkret bagi pelestarian spesies ini, sekaligus mendukung kesejahteraan peternak lokal. Raperda yang telah diajukan akan dibahas lebih lanjut dalam rapat dewan untuk segera direalisasikan.


“Dengan langkah ini, Dinas Perkebunan dan Peternakan berupaya untuk menjadikan Kerbau Pampangan tidak hanya sebagai warisan budaya, tetapi juga sebagai aset ekonomi yang berkelanjutan bagi masyarakat Ogan Komering Ilir.” tandasnya (RIO)

No comments

Powered by Blogger.