Terapkan Pembelajaran Alam dan Kewirausahaan

KAYUAGUNG- Sebagai salah satu sekolah favorit di Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). TK/SD IT Madani Kayuagung, memiliki konsep pembelajaran yang cukup berbeda dari sekolah lainnya. Dimana pihak sekolah mencoba mendidik para siswa melalui konsep pendidikan sekolah alam dan kewirausahaan. Pendidikan sekolah alam tersebut, para siswa diarahkan untuk dapat beradaptasi dan bersosialisasi dengan alam sekaligus memiliki jiwa kewirausahaan.

“Kita didik para siswa disini melalui pendidikan sekolah alam dan kewirausahaan. Terlebih lagi sekolah kita ini baru pertama berdiri di Kabupaten OKI, yang menerapkan konsep pendidikan dengan pola pembelajaran sekolah alam dan kewirausahaan untuk tingkat TK dan SD,” ujar Kepala TK IT Madani Kayuagung, Nopimayanti.

Dikatakannya, konsep Sekolah Alam dan kewirausahaan di TK/SD IT Madani, merupakan program pendidikan Yayasan Kepedulian Sosial yang mengacu pada fungsi manusia sebagai Khalifatullah Fil Ardh yang mencakup Ahlakul Karimah yaitu cara tunduk manusia kepada Penciptanya, yaitu cara tunduk alam semesta kepada Tuhan, serta Kepemimpinan yaitu cara manusia menjadi pemimpin di muka bumi, dan Kewirausahaan yaitu cara mencari rejeki yang halal.

Sementara Kepala SD IT Madani, Yatina mengatakan, bahwa para siswa akan di didik menggunakan kurikulum Dinas Pendidikan (Disdik) dan kurikulum Akhlak dengan orientasi optimal kepada pembentukan karakter anak. Selain itu juga menerapkan materi pelajaran yaitu, eksplorasi, persiapan, imajinasi, ibadah, seni dan kreasi, serta balok.

“Melalui metode pengintegrasian kurikulum Disdik dengan Alam dan Budaya, serta penggabungan sistem yang mengacu pada konsep pengalaman yang terstruktur. Diharapkan mampu untuk menjalankan konsep pendidikan berbasis pada alam, budaya dan pemanfaatan barang bekas, lalu pengembangan kemandirian anak sejak dini,” ungkapnya.(san)

No comments

Powered by Blogger.