Sempat Gagal, Joni Pemanjat Tiang Bendera Akhirnya Lolos Masuk TNI


 JAKARTA oganpost.com- Impian sekaligus cita-cita Yohanes Gama Marschal Lau alias Joni, bocah pemanjat tiang bendera yang sempat viral akhirnya terwujud setelah dinyatakan lulus seleksi menjadi anggota TNI . Sebelumnya, ia ditolak karena tinggi badannya tak memenuhi syarat.

Menurut Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) IX/Udayana Kolonel Inf Agung Udayana, Joni telah mengikuti rangkaian seleksi Bintara TNI Angkatan Darat. Joni dimasukkan ke dalam kategori seleksi keahlian khusus.

"Karena kesungguhan dan semangatnya mengikuti serangkaian ees, didukung bimbingan para pelatih dengan memanfaatkan waktu yang ada, akhirnya dia sampai di Tingkat Pusat dan dinyatakan lulus dalam penerimaan Bintara PK TNI AD Reguler kategori Keahlian Tahun 2024 di Bandung," ujar Kapendam dalam keterangannya.

Selanjutnya, Joni akan melanjutkan pendidikan di Rindam IX/Udayana sesuai dengan asal daerah pendaftaran. Ia akan bergabung dengan calon Bintara PK Reguler lainnya yang juga sudah dinyatakan lulus.

"Nanti, sesuai dengan jadwal pelaksanaan penerimaan calon Bintara TNI AD, Joni bersama 2018 orang rekan lainnya akan melakjsanakan Upacara Pembukaan Pendidikan Bintara PK TNI AD TA.2024 yang akan dilaksanakan pada 27 September 2024 di Rindam IX/Udayana selama lima bulan, dilanjutkan pendidikan kejuruan selama tiga bulan," katanya.

Sebelumnya diketahui, Joni tak lolos akibat tak memenuhi syarat aspek tinggi badan minimal 160 sentimeter sedangkan dirinya hanya 155,8 sentimeter. Joni pernah viral pada pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-73 RI, pada 17 Agustus 2018.

Ia sempat naik tiang bendera untuk mengambil tali yang putus di Atambua NTT. Aksinya itu pun mendapat penghargaan dari Panglima TNI dan Mendikbud.

Hingga akhirnya bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pada kesempatan itu, Jokowi sempat menanyakan cita-cita Joni yang kemudian dijawab ingin menjadi TNI.

Jokowi seperti memberi angin segar bahwa Joni bakal diterima di TNI jika sudah cukup umurnya. Namun, saat dinyatakan tak lulus Joni dirundung kesedihan hingga sempat memohon bantuan agar bisa menjadi TNI. Kini, Joni berhasil menggapai cita-citanya berkat kesungguhan dan kerja keras.

(sb:okezone.com)

No comments

Powered by Blogger.