Pilkada Ogan Ilir 2024, Panca Soroti Keberadaan “Kotak Kosong”

Foto : Panca-Ardani Bersama Partai Pengusung Saat Menyampaikan Konfrensi Pers
Indralaya, OganPost

Calon Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar menyoroti keberadaan ‘Kotak Kosong’ dalam Pilkada Ogan Ilir Tahun 2024. Hal ini disampaikannya sesaat setelah KPU Ogan Ilir menetapkan dirinya bersama Ardani sebagai satu-satunya Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati. Secara resmi juga Paslon dengan Tagline LanjutKerja ini akan melawan kotak kosong.


Kritik yang disampaikan Panca ini terkait mekanisme persyaratan calon yang diwajibkan kepada dirinya namun tidak dipersyaratkan juga kepada kotak kosong. Dirinya menganggap keberadaan kotak kosong harus diberikan aruran khusus sehingga rasa keadilan pada Pilkada Ogan Ilir benar-benar dirasakan.


“Saya usulkan pihak KPU-Bawaslu membawa masalah ini ketingkat propinsi, agar ada aturan khusus untuk kotak kosong. Kita menghargai adanya kotak kosong sebagai rival kami pada Pikada ini dan kita optimis bisa mengalahkan kotak kosong minimal diangka 63 persen,” ujar Panca Wijaya Akbar.


Aruran khusus tersebut menurut Panca seperti tim kampanye kotak kosong baik LSM ataupun secara pribadi. Karena bisa jadi katanya, ada juga pelanggaran-pelanggaran yang bakal dibuat oleh relawan kotak kosong ini baik dimedsos maupun penempatan baliho-baliho.


“Pelanggaran dalam pilkada biasa terjadi, misalnya informasi hoax dimedsos, ataupun pelanggaran pemasangan baliho ditempat-tempat yang bukan ditetapkan KPU. Lalu kita harus melaporkan siapa, dan siapa yang harus bertanggung jawab dalam pelanggaran kotak kosong,” jelas Panca.


Maka dari itu, anak bungsu Cagub Sumsel Mawardi Yahya ini menyarankan agar KPU-Bawaslu menyiapkan juga space untuk timses Kotak Kosong, sehingga kotak kosong tidak menjadi liar dan ada yang bertanggung jawab terkait pelanggaran apabila terjadi.


“Boleh juga berikan space untuk meminta laporan dana kampanye seperti halnya yang diwajibkan kepada kami. Ini merupakan prinsip keadilan antar calon. Karena sejatinya kotak kosong merupakan bagian dalam pikada ogan ilir,” tegasnya.


Panca-Ardani sendiri telah resmi mendapat Nomor Urut 1 dalam Pilkada Ogan Ilir Tahun 2024 dan Nomor Urut 2 merupakan Kotak Kosong. Tidak tanggung-tanggung Panca-Ardani didukung hampir oleh seluruh Partai Politik yang ada diKabupaten Ogan Ilir, tercatat ada 13 Parpol yang menyatakan dukungan kepada Panca-Ardani. (frd)



No comments

Powered by Blogger.