Matahati Komitmen Kembalikan Program Sekolah & Berobat Gratis



Sumsel, OganPost

Pasangan Calon Gubernur/Wakil Gubernur Nomor Urut 3 Mawardi Yahya-Ra Anita Noeringhati berjanji akan mengembalikan Program Sekolah Gratis (PSG) bagi SMA/SMK seperti era Gubernur Sumsel Alex Noerdin.


Program yang sempat dihilangkan era Gubernur Sumsel Herman Deru itu memang sempat dibuatkan program baru yakni Program Sekolah Berkeadilan (PSB). Namun program tersebut ternyata tidak berjalan dengan baik.

Banyak sekolah-sekolah yang tidak bisa mencairkan dana PSB itu. Diduga program itu tidak memiliki payung hukum yang jelas, sehingga anggaran yang bersumber dari APBD Sumsel itu tidak bisa dicairkan.


Cagub Mawardi Yahya menjelaskan jika dirinya dipercaya untuk memimpin Sumsel, sekolah gratis dan berobat gratis merupakan program prioritasnya bersama Anita untuk langsung dilaksanakan.


“Sekolah gratis sudah tidak benar-benar dirasakan masyarakat Sumsel 5 tahun terakhir. Matahati hadir untuk kembali mengulang sejarah dimana masyarakat bisa sekolah dengan mudah tanpa ada pungutan biaya apapun,” ujar Cagub Mawardi Yahya.


Selain itu, pria dengan sebutan Wak Uban itu juga akan menyelaraskannya dengan Sumsel berobat gratis yang dahulunya benar-benar dirasakan oleh masyarakat. “Kami satu-satunya calon yang memiliki komitmen itu. Sekolah dan berobat merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat Sumsel. Maka kita harus hadir untuk mewujudkan kebutuhan tersebut,” jelasnya.


Untuk diketahui, Program Sekolah Berkeadilan (PSB) yang digagas eks Gubernur Herman Deru itu tidak berjalan optimal. Program yang terkesan setengah hati itu menjadi keluhan dari para Kepala Sekolah yang ada di Sumsel. Karena sejak 3 tahun terakhir dana PSB yang diperuntukkan untuk kebutuhan sekolah tidak bisa dicairkan.(frd)

No comments

Powered by Blogger.