APIP OKI Dilatih Gunakan E-Reviu untuk Tingkatkan Kualitas Anggaran

OGAN KOMERING ILIR, oganpost.com – Dalam upaya meningkatkan kualitas perencanaan dan pengelolaan anggaran, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) berbasis Sistem Pengawasan Internal Daerah (SPID) melalui aplikasi E-Reviu. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kabupaten OKI dan berlangsung di Palembang, Jumat (30/8/2024).

Pj Bupati OKI, melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Alexsander Bastomi, menyampaikan harapannya agar dengan adanya Bimtek ini, perencanaan dan pengelolaan anggaran di OKI dapat menjadi lebih transparan, akuntabel, dan tepat sasaran.

Senada dengan Pj Bupati, Inspektur Kabupaten OKI, Syaparudin juga menekankan pentingnya Bimtek ini. "Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas penyusunan dokumen perencanaan penganggaran berbasis elektronik, sehingga menghasilkan APBD yang berkualitas, efektif, dan efisien," ujarnya.

Lebih lanjut, Syaparudin menjelaskan bahwa salah satu tujuan utama dari Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan pengembangan profesi SDM APIP. "Dengan SDM APIP yang kompeten, diharapkan pengawasan terhadap perangkat daerah dapat dilakukan secara lebih optimal, mulai dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan kegiatan," tegasnya.

Syaparudin juga mengungkapkan bahwa dengan penerapan SPID dan penggunaan aplikasi E-Reviu, diharapkan dapat mempermudah proses review dan evaluasi anggaran secara elektronik, sehingga mempercepat proses penyusunan dan pengawasan anggaran di Kabupaten OKI.

"Kami berharap seluruh peserta dapat menguasai teknik-teknik yang diajarkan dan menerapkannya secara efektif dalam melaksanakan tugas sehari-hari," imbuhnya.

Sementara itu, Brigjen Pol. Rustam Mansur, S.IK, Inspektur I Itjen Kemendagri, yang hadir secara virtual melalui Zoom, menekankan pentingnya penerapan SPID dalam pengawasan anggaran daerah. Menurutnya, SPID merupakan upaya untuk mengoptimalkan pengawasan anggaran agar dapat dijalankan dengan lebih baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik.

Dengan adanya Bimtek ini, diharapkan kualitas perencanaan dan pengelolaan anggaran di Kabupaten OKI dapat meningkat secara signifikan. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah daerah untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel.(Rio)

No comments

Powered by Blogger.