Pelajar Indonesia Kenalkan Budaya Betawi di Mesir


JAKARTA oganpost.com Keluarga Pelajar Jakarta (KPJ) mengenalkan Budaya Betawi dalam acara Jakarta Event (JE) XI di Masrah Galal Syarqowi, Ramses, Kairo. Setelah redup beberapa tahun, acara Jakarta Event kembali merajut citra budaya Betawi di kancah Internasional.

Event ini diadakan bertujuan untuk menunjukkan wajah kebudayaan Betawi di era transformasi, khususnya kepada warga Betawi yang melanjutkan studinya di Mesir dan umumnya untuk warga pribumi Mesir. Keberadaan Jakarta Event menjadi wujud eksistensi budaya Betawi tidak akan pernah luntur di dalam perkembangan zaman.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Kairo Abdul Muta’ali menekankan pentingnya memperkenalkan budaya Betawi kepada masyarakat internasional, khususnya di Mesir. Selain itu, dia menggarisbawahi peran penting mahasiswa Indonesia di luar negeri dalam melestarikan dan mempromosikan budaya Indonesia.

Dirinya berharap kegiatan semacam ini terus dilanjutkan dan semakin berkembang, sehingga kebudayaan Indonesia semakin dikenal di kancah global.

“Acara ini sangat penting untuk mempromosikan dan melestarikan budaya Indonesia. Mahasiswa Indonesia di luar negeri memiliki peran besar dalam hal ini,” ujar Abdul Muta’ali, Rabu (31/7/2024).

Selain pelajar Jakarta yang memilki peran dalam melestarikan budaya Betawi, peran Abang-None juga sangat penting karena mereka sebagai duta budaya Jakarta.

"Abang-None terpilih ini kami harap bisa menjadi duta budaya Jakarta KPJ untuk Masisir (Mahasiwa Indonesia di Mesir),” jelas Gubernur Keluarga Pelajar Jakarta (KPJ) Ahmad Wajihan Lillah.

Abang None menjadi poros utama dalam mempromosikan kebudayaan Jakarta di kancah internasional. Raja Amar Jayakarta sebagai Abang None terpilih menekankan pentingnya peran mahasiswa dalam melestarikan budaya, terutama saat Jakarta berada dalam masa transisi tidak menjadi ibu kota.

"Jakarta bukan sekedar ibu kota. Kita warga Jakarta intelektual yang luas, berintegritas, dan berkebudayaan yang luar biasa,” tegas Bang Raja.

Berbagai elemen tamu undangan turut menghadiri kemeriahan acara Jakarta Event XI, mereka berharap dengan semangat kebudayaan tinggi, Jakarta Event (JE) bisa menjadi poros kemajuan, memperkuat silaturahim, dan mempromosikan budaya Jakarta di kancah internasional.


No comments

Powered by Blogger.