Kolam Benih Ikan Dinas Perikanan OKI Tidak Terawat, Diduga Anggaran Pemeliharaan Tak Direalisasikan

OGAN KOMERING ILIR oganpost.com - Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dinilai tidak terawat dengan baik. Hal ini terlihat dari pemandangan rumput yang tinggi tanpa pemeliharaan, serta kondisi Sarana dan Prasarana (Sarpras) kolam pembenihan ikan tidak berjalan maksimal.


Berdasakan Inviestigasi yang dilakukan oleh Jaringan Pendamping Kinerja Pemerintah (JPKP) OKI  Alimusa, Selasa (25/6/2024) beberapa Kolam pembenihan ikan di dinas perikanan tidak difungsikan dengan baik.



“Kami menemukan bahwa anggaran untuk pemeliharaan Sarpras di Dinas Perikanan Kabupaten OKI tahun 2024 sebesar Rp150juta. Namun kami menduga bahwa anggaran pemeliharaan tersebut tidak direalisasikan dilihat dari kondisi fisik bangunan yang kotor, rusak, dan tidak berfungsi dengan baik.,” kata Ali 


Dikatakan dia Kondisi sarana dan prasarana yang buruk di kolam pembenihan ikan di dinas perikanan OKI dikhawatirkan akan berdampak pada kualitas benih ikan. 


“Kolam ikan yang kotor dan berlumut dapat menjadi sumber penyakit bagi benih ikan.Benih ikan yang diproduksi di kolam dengan kondisi yang tidak ideal berpotensi membawa penyakit dan tidak tumbuh dengan baik. “ ungkap ali 


Ali menyampaikan akan mengawasi kinerja Dinas Perikanan Kabupaten OKI agar Pembenihan ikan berfungsi dengan baik dan menghasilkan benih ikan berkualitas.


Sementara itu kepala Dinas Perikanan Ubaidilah, S.K.M., M.K.M di konfirmasi melalui WhatsApp.dirinya tak banyak komentar karena sedang melaksanakan Ibadah Haji.(Rio)

No comments

Powered by Blogger.