Kenapa Pencak Silat Dilarang di MMA? Ini Penyebabnya

Contoh gerakan pencak silat. (Foto: Instagram/pb.pencaksilatindonesia)

KENAPApencak silat dilarang di MMA? Ternyata ada alasan yang membuat pencak silat seaka dilarang digunakan di ajang semacam MMA.

Olahraga beladiri perlahan telah menjadi olahraga yang semakin populer di dunia. Hal ini bermula sejak munculnya Mix Martial Art (MMA), sebuah ajang beladiri yang mempertemukan semua petarung dari berbagai cabang seni beladiri.

Belum lagi, kemunculan Ultimate Fighting Championship (UFC) menjadikan semakin banyak petarung hebat bermunculan. Program milik Dana White merupakan salah satu ajang MMA paling terkemuka di dunia. Tak ayal, banyak petarung yang ingin unjuk gigi pada arena oktagon.

Namun sayangnya, dari banyaknya pertandingan antar petarung di atas oktagon hanya segelintir petarung yang menggunakan seni beladiri khas Indonesia, pencak silat. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir tidak ada satupun petarung yang merupakan atlet silat.

Usut punya usut, ternyata pencak silat dilarang di MMA. Akan tetapi, beladiri asli Indonesia ini tidak dilarang secara khusus untuk dipergunakan di ajang beladiri campuran tersebut.

Alasan pencak silat dilarang di MMA adalah gaya beladiri dari silat sangat berbeda dengan beladiri lainnya. Di ajang kompetisi beladiri MMA seperti UFC, tujuan pertarungan adalah untuk menang dengan menggunakan teknik dan strategi olahraga.

Berbeda dengan hal itu, pencak silat memiliki tujuan utama untuk melindungi diri, melukai lawan, dan juga membunuh. Setiap serangan yang dipergunakan pada pencak silat selalu menyasar organ vital lawan seperti tenggorokan, selangkangan, mata, ginjal dan lain sebagainya.

Semua organ target serangan di pencak silat ini dilarang untuk dilakukan di MMA. Hal ini karena menyerang organ vital adalah hal yang berbahaya sebab dapat menyebabkan cacat permanen hingga kematian.


Sejak awal, pencak silat memang dibuat untuk bisa membuat penggunanya bertahan hidup. Sebab, pada zaman dahulu dimana marak penjajahan, pilihan setiap orang hanya membunuh atau dibunuh. Oleh sebab itu, silat dibuat untuk tujuan membunuh musuh.

Selain karena teknik dan gerakannya, pencak silat juga memiliki perbedaan dalam segi fokus dan pendekatan. Sebab, selain menekankan teknik dan fisik, silat juga menekankan pada aspek spiritual, budaya dan filosofi gerakan.

Hal ini menjadikan beberapa gerakan di pencak silat menggunakan senjata tajam sebagai pirantinya yang mana hal ini jelas terlarang untuk dipergunakan di sasana MMA.

Itulah alasan kenapa pencak silat dilarang di MMA.(sport.okezone)

No comments

Powered by Blogger.