Anak-anak Berenang di Danau Kantor Pemda OKI, Satpol PP Tunggu Instruksi dari Pemda

OGAN KOMERING ILIR oganpost.com - Sebuah fenomena yang memprihatinkan terjadi di wilayah Kantor Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel) , di mana anak-anak terlihat berenang di danau yang berada di area tersebut. Hal ini menimbulkan kekhawatiran dan pertanyaan mengenai peran Satpol PP dalam menjaga ketertiban dan keamanan di area tersebut Rabu (26/6/2024).

Menurut Salim Kosim S.IP sebagai pengamat kebijakan publik mempertanyakan peran Satpol PP dalam menjaga ketertiban dan keamanan di area Kantor Pemda OKI. Seharusnya, Satpol PP bertugas untuk mencegah aktivitas yang dapat membahayakan keselamatan dan keamanan masyarakat.

“Seharusnya Satpol PP lebih proaktif dalam melakukan patroli dan menegur pelanggaran yang terjadi di wilayah kantor pemda oki,"ucapnya.

Lebih lanjut, dimana sat pol pp ada bidang tibum (penertiban umum) harus bisa bekerja sesuai foksi sebab kantor Bupati itu merupakan tempat umum dan harus dinetralisir dari kegiatan umum sebagai antisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Apakah harus nunggu terjadi dulu dan makan korban baru bergerak serta nanti saling lempar tanggung jawab",jelasnya.

Sementara itu Plh Kepala Satpol PP OKI Aleksander Bustomi SP, Msi melalui kepala bidang (kabid) Penegakan Perda, Titon saat dikonfirmasi di ruang kerjanya mengatakan kalau hal tersebut  bisa diatasi kalau ada instruksi dari Pemda OKI

“Sebenarnya itu sudah pernah kita tegur setahun yang lalu.Cuma kita tidak punya Perda yang menyatakan itu melarang langsung”katanya kamis (27/6/2024).

Dikatakan dia, bahwasannya Satpol PP tidak menerima instruksi langsung dari pemda OKI untuk menindak lanjuti anak - anak yang sering berenang di danau tersebut.

“Kalau itu ranahnya pemda bahaya kami pasang - pasang plang,Mestinya Kabag Umum nya selaku aset langsung, memasang plang dimana yang dilarang jadi enak kami nindaknya. Misalnya seperti dirumah sakit ‘dilarang merokok’ jadi bisa kami menindaknya “ ungkapnya(RIO)

No comments

Powered by Blogger.