Putus Penyebaran DBD, Puskesmas Muara Burnai Lakukan Fogging

OGAN KOMERING ILIR oganpost.com - Dalam rangka menekan penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) Pusat Kesehatan Masyarakat (puskesmas) Muara Burnai Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melaksanakan fogging di lingkungan pemukiman warga dan sekolah, Jumat (26/1/2024).

Fogging dilaksanakan guna memutus rantai perkembangbiakan nyamuk dengan tujuan mengentaskan nyamuk dewasa penyebab DBD.


Kepala Puskesmas Muara Burnai Abddulah, SKM didampingi jajaran staff puskes berharap agar pelaksanaan fogging ini dapat memutus penularan kasus DBD di lingkungan pemukiman warga dan Sekolah-sekolah.


“Menindaklanjuti atas laporan masyarat tentang meningkatnya DBD di kabupaten OKI maka kami laksanakan fogging mulai dari Polsek Lempuing,Permukiman Warga hingga ke pondak sungai belida,harapan kami kepada masyarakat selalu jaga kebersihan,menutup rapat tempat penampungan air, memanfaatkan kembali barang-barang bekas yang berpotensi menjadi tempat sarang nyamuk.” ujarnya 



Menurut dia, peningkatan kasus DBD disebabkan oleh tingginya curah hujan di wilayah Muara Burnai, karena pada musim hujan populasi nyamuk aedes aegypti meningkat. Telur yang belum menetas, akan menetas saat habitat perkembangbiakannya mulai tergenang air. Nyamuk aedes aegypti berkembang biak di tempat  air bersih yang menggenang.


“Kami tidak bosan untuk terus mengimbau kepada warga agar dapat berperan aktif dan bersama-sama dalam upaya mencegah penyebaran jentik nyamuk DBD ini,” ungkapnya (Red)

No comments

Powered by Blogger.