Update Cacar Monyet di Jakarta, Kasus Positif Aktif Ada 7 Pasien

Ilustrasi penyakit cacar monyet alias monkeypox. (iStockphoto/Kameleon007

JAKARTA -- Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI mengonfirmasi penambahan satu kasus cacar monyet atau monkeypox di Jakarta.

Dengan penambahan itu, total kasus yang ditemukan sejak 2022 kini tercatat ada delapan kasus.

Dari delapan kasus itu, yang positif aktif alias belum sembuh ada tujuh pasien. Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama mengatakan jumlah tersebut berdasarkan data per hari ini, Senin (23/10) pukul 10.00 WIB.

"Kasus positif total delapan orang," kata Ngabila dalam keterangannya.

"Kasus positif aktif total 7 orang," imbuhnya.

Ngabila menyampaikan tujuh dari delapan kasus masih menjalani perawatan di rumah sakit. Sementara satu kasus yang ditemukan pada 2022 lalu telah dinyatakan sembuh.

Adapun dari total tujuh pasien positif aktif itu masih menjalani isolasi di rumah sakit yakni untuk temuan kasus 13 Oktober 2023, 19 Oktober 2023, dan lima kasus temuan 21 Oktober 2023.

Selain itu, Ngabila menerangkan sejauh ini terdapat 9 orang yang diduga bergejala cacar monyet. Adapun rinciannya sebagai berikut:

- 20 Oktober 2023: 1 orang masih proses pemeriksaan laboratorium PCR

- 21 Oktober 2023: 2 orang masih proses pemeriksaan laboratorium PCR

- 22 Oktober 2023: 1 orang masih proses pemeriksaan laboratorium PCR

- 23 Oktober 2023: 5 orang masih proses pemeriksaan laboratorim PCR

Sebelumnnya  Kemenkes mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari penularan penyakit Cacar Monyet, termasuk memakai masker.

Selain itu tetap juga mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun usai aktivitas, menghindari kontak kulit dan luka, berhubungan seksual secara aman, sehat, dan bersih, serta menghindari hubungan seksual jika merasa sakit.

Selain itu, Kemenkes mengimbau agar masyarakat melaporkan diri ke puskesmas terdekat jika mengalami demam yang diiringi dengan timbulnya lesi yang berupa benjolan dan berisikan air atau nanah.(CNN indonesia)

No comments

Powered by Blogger.