Bos Pertamina Ramal Kuota LPG dan Solar Jebol Tahun Ini

Pertamina memperkirakan konsumsi LPG 3 kg dan solar bakal melebihi kuota di tahun ini, sejalan dengan kenaikan permintaan dua komoditas itu. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) memperkirakan konsumsi LPG 3 kg dan solar bakal melebihi kuota di tahun ini. Hal ini sejalan dengan kenaikan permintaan di tengah membaiknya ekonomi dalam negeri. 

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan kenaikan permintaan LPG dan solar mulai terjadi sejak beberapa bulan lalu, dan akan terus meningkat khususnya saat Natal dan Tahun Baru.

"Dengan recovery ekonomi, salah satu dampaknya adalah BBM subsidi dan LPG subsidi demandnya merangkak naik," ujarnya dalam Rakornas Pengendalian Inflasi di Kemendagri pada Senin (4/9).

Menurutnya, untuk solar permintaan akan melebihi kuota hingga 2 juta kilo liter (kl). Di mana, saat ini kuota yang disediakan hanya 16 juta kl menjadi 18 juta kl.

"Tahun ini kita prediksi solar akan melebihi kuota dari 16 juta kl, ini akan jadi 18 juta kl. Jadi ada 2 juta kl meningkat," jelasnya.

Demikian juga dengan LPG 3 kg yang diperkirakan akan melebihi kuota sebanyak 280 ribu metrik ton.

"Juga LPG subsidi dari 8 juta mt jadi 8,28 juta mt," imbuhnya.

Namun, Nicke memastikan meski permintaan melebihi kuota yang ditetapkan, stok bahan bakar subsidi tersebut akan sangat mencukupi. Sehingga tidak akan ada kenaikan harga.

"Namun kembali lagi dalam situasi seperti ini kami jaga betul pasokannya ada, walaupun sudah melebihi kuota tapi kami pastikan stoknya ada sehingga tidak ada kelangkaan yang bisa meningkatkan harga," pungkasnya.(CNN Indonesia)

No comments

Powered by Blogger.