Ronaldo Pecahkan Rekor Gol Sundulan Terbanyak di Dunia

Cristiano Ronaldo sukses pecahkan rekor gol sundulan terbanyak di dunia. (AFP/FAYEZ NURELDINE)
Bintang Al Nassr Cristiano Ronaldo sukses memecahkan rekor gol sundulan terbanyak di dunia. Ia melampaui catatan gol sundulan dari legenda sepak bola lainnya, termasuk Pele.

Ronaldo tampil 90 menit penuh dalam pertandingan Al Nassr vs Monastir pada fase grup Liga Champions Arab 2023, Selasa (1/8) dini hari WIB. Pemain berpaspor Portugal itu tampil sebagai kapten memimpin rekan-rekan satu timnya.

Tak hanya itu, Ronaldo juga menyumbang satu gol dalam kemenangan 4-1 Al Nassr atas Monastir. Pemain 37 tahun itu mencetak gol kedua lewat proses gol spektakuler melalui sundulan.

Berdasarkan catatan 433, itu merupakan gol sundulan Ronaldo yang ke-145. Ronaldo sekaligus jadi pesepakbola yang paling banyak menjebol gawang lewat tandukan.

Eks pemain Manchester United itu melewati torehan legenda Jerman Gerd Muller dengan 144 gol sundulan. Ronaldo juga menjauhi gol sundulan legenda Spanyol Carlos Santillana (125) dan legenda Brasil, Pele (124).

Gol bagi Al Nassr baru tercipta pada menit ke-41. Marcelo Brozovic melepas umpan akurat yang diterima Abdulrahman Ghareeb. Penyerang sayap Al Nassr itu kemudian melepaskan cut back. Anderson Talisca lantas menyepak bola dengan kaki kiri dan kiper Bechir Ben Said tak bisa mengadang laju si kulit bundar.

Pada menit ke-66 Monastir mampu menyamakan kedudukan. Bola yang ditendang kiper pengganti Sadok Yeddes disundul Ali Lajami.

Maksud hati melakukan sapuan, tetapi bola justru masuk ke gawang sendiri. Kiper Al Nassr Nawaf Al Aqidi pun tak bisa berbuat banyak lantaran sudah maju.

Gol Ronaldo pada pertandingan itu sekaligus membuat Al Nassr kembali unggul usai Al Shabab menyamakan kedudukan. Umpan Sultan Al Ghannam dari sisi kanan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Ronaldo yang berdiri bebas tanpa pengawalan.

Berkat kemenangan 4-1 atas Monastir, Al Nassr kini menempati puncak klasemen Grup C Liga Champions Arab dengan empat poin dari dua kali bertanding. Selisih gol Al Nassr lebih baik ketimbang Al Shabab yang sebelumnya menang 1-0 atas Zamalek.

Daftar Pencetak Gol Sundulan Terbanyak

1. Cristiano Ronaldo 145 gol
2. Gerd Muller 144
3. Carlos Santillana 125
4. Pele 124(CNN indonesia)

No comments

Powered by Blogger.