7 Cara agar Rambut Cepat Panjang dan Sehat

Ilustrasi. Cara agar rambut cepat panjang (iStockphoto/Sofia Zhuravets)

Ada beragam cara agar rambut cepat panjang. Untuk membuat rambut cepat panjang, tak hanya diperlukan perawatan dari luar saja tetapi juga perawatan dari dalam dengan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Tumbuhnya rambut dapat bervariasi pada setiap orang. The Trichological Society memperkirakan rata-rata rambut tumbuh antara 0,5 hingga 1,7 cm per bulan, dikutip dari laman Medical News Today.

Meski demikian, setiap orang akan mengalami kecepatan pertumbuhan rambut yang berbeda, bergantung usia, jenis kelamin, jenis rambut, genetik, serta kondisi kesehatan masing-masing.

Namun ada beberapa cara agar rambut cepat panjang yang bisa dilakukan. Berikut tipsnya.

1. Hindari diet ketat

Diet ketat dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi dan menghambat pertumbuhan rambut. Berdasarkan penelitian pada 2017 melaporkan bahwa kekurangan nutrisi utama dapat memengaruhi struktur rambut dan pertumbuhannya.

Selain itu, penurunan berat badan yang tiba-tiba dan cepat dapat menyebabkan kerontokan sementara yang dikenal sebagai telogen effluvium (TE) atau alopesia difus karena defisiensi niasin.

2. Cukupi asupan protein

Mengonsumsi makanan tinggi protein juga penting untuk merangsang pertumbuhan rambut. Sebab, folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein.

Dikutip dari Healtline, kurangnya asupan protein dalam makanan terbukti meningkatkan kerontokan rambut. Setidaknya, cukupi kebutuhan protein 50 gram protein per hari.

3. Gunakan produk dengan kandungan kafein

Penelitian menunjukkan kandungan kafein dalam produk perawatan rambut sampo dan kondisioner dapat mencegah kerontokan rambut. Kafein dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan merangsang metabolisme dan proliferasi sel.

Bahkan, sebuah studi yang dilakukan pada 2007 menemukan bahwa kafein membantu memblokir efek DHT pada folikel rambut pria. Hal ini merangsang pemanjangan batang rambut.

4. Gunakan minyak esensial

Beberapa jenis minyak esensial disebut dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Misalnya, minyak biji labu dan minyak atsiri. Meski demikian sejumlah penelitian tersebut harus dilakukan penelitian tambahan untuk mendukungnya.

Kamu juga bisa mencoba minyak esensial lainnya seperti minyak peppermint, jojoba, dan lavender yang dapat mencegah kerontokan rambut.

5. Sisir rambut secara teratur

Cara agar rambut cepat panjang berikutnya adalah menyisirnya dengan teratur, terlebih sebelum tidur. Gunakan sikat atau sisir rambut dan mulailah dari kulit kepala hingga ujung rambut.

Cara ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi dalam kulit kepala dan meningkatkan distribusi sebum di sepanjang batang rambut. Hal ini membuat rambut terlihat lebih berkilau dan halus.

6. Potong rambut berkala

Trimming atau memotong rambut khususnya di bagian ujung memang tidak lantas membuatnya tumbuh lebih cepat.

Akan tetapi, rutin memangkas rambut yang rusak dan bercabang membuat rambut tetap sehat sekaligus menghentikan risiko kerusakan rambut yang lebih parah. Memotong rambut setiap beberapa bulan sekali juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

7. Pijat kulit kepala

Beberapa penelitian kecil melaporkan bahwa pijat kepala dapat meregangkan sel-sel folikel rambut dan membuatnya tumbuh lebih tebal, dikutip dari laman WebMD.

Pijat membantu meredakan stres yang merupakan pemicu kerontokan rambut. Kamu bisa memijat sendiri kulit kepala dengan lembut selama beberapa menit setiap hari. Meski demikian penelitian mengenai hal ini masih terbatas.

Demikian sejumlah cara agar rambut cepat panjang yang bisa kamu ikuti. Semoga bermanfaat!(CNN indonesia)

No comments

Powered by Blogger.