Jasad Pendaki Gunung Dempo Dievakuasi, Diduga Meninggal Akibat Kelaparan Dan Hipotermia

PAGAR ALAM oganpost.com – Jasad Sulaiman bin Samsudin (41), warga Desa Sumber Karya, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat yang ditemukan para pendaki di pinggir kawah merapi Gunung Dempo Kota Pagar Alam telah dievakuasi tim SAR gabungan.

Koordinator Tim Evakuasi dari BPBD Kota Pagar Alam, Anjas mengatakan, korban diduga meninggal akibat kelaparan dan serangan hipotermia atau mengalami kondisi kedinginan ekstrem.

“Saat jasad tersebut ditemukan, tidak terlihat di sekeliling area pendakian seperti orang yang mempunyai persiapan untuk berkemah,” ujar Anjas, Jumat (16/6/23).

Dijelaskannya, tim evakuasi gabungan tidak menemukan adanya tenda maupun logistik lainnya milik almarhum Sulaiman di lokasi saat jasad ditemukan.

“Saat temukan kondisinya hanya mengenakan celana panjang jeans dan jaket tipis saja, tidak ditemukan tenda maupun bekal makanan untuk berkemah,” jelasnya

Dugaan penyebab kematian Sulaiman ini diperkuat oleh keterangan anggota keluarganya saat menjemput jenazah, yang mengakui bahwa almarhum telah lama mengidap depresi dan menghilang dari kampungnya Sumber Karya sejak 21 hari yang lalu.

“Pihak keluarga juga menjelaskan bahwa almarhum sudah lama mengidap depresi dan saat menghilang dari rumah dia tidak membawa bekal apa-apa,” jelasnya.

Saat ini pihak keluarga korban telah langsung membawa jenazah tersebut ke Desa Sumber Karya untuk segera dilakukan proses pemakaman.(ril)

No comments

Powered by Blogger.