Ini Manfaatnya Jika Sering Wudhu

LIFESTYLE oganpost.com - Wudhu adalah kegiatan mensucikan diri dengan air yang suci. Tak hanya menjadi hal yang wajib dilakukan sebelum sholat, wudhu juga ternyata memberi manfaat tersendiri bagi manusia. Ilmuwan yang menyelidiki masalah ini berhasil mengungkap beberapa manfaat yang didapat jika seseorang melakukan kegiatan tersebut.

Antara lain adalah kulit yang menjadi lebih bersih, terutama dari berbagai kotoran, debu dan polusi bahan kimia yang menempel. Juga rendahnya jumlah bakteri serta kuman yang ada di permukaan kulit seseorang yang terbiasa berwudhu, dibanding dengan orang yang tak pernah melakukannya.


Ilmuwan dan Dekan Fakultas THT dari Universitas Alexandria, dr musthafa syahatah berkata tentang jumlah kuman di rongga hidung orang yang berwudhu ternyata jauh di bawah orang yang tak pernah berwudhu.


Di sisi agama, wudhu adalah hal yang merupakan perintah Rasulullah Muhammad SAW, yang keutamaannya tercantum dalam hadistnya berikut ini:

“Umatku nanti kelak pada hari kiamat bercahaya muka dan kakinya karena bekas wudhu,”.
Anggota tubuh yang terkena wudhu yakni tangan, kaki, wajah, telinga, rambut, mulut, serta hidung adalah lokasi yang banyak dihuni oleh kuman serta bakteri. Tak heran jika rajin membasuh seluruhnya dengan air bersih maka kotoran dan bakteri akan hilang terbuang.

Selain itu, otot-otot tubuh yang terbasuh air dingin akan lebih rileks dan tidak lagi tegang setelah lelah beraktifitas. Ini adalah metode relaksasi yang ampuh untuk melepas stres.


Ditambah lagi orang yang masih dalam keadaan wudhu sebelum tidur, maka malaikat akan senantiasa menjaganya. Nah, ayo berwudhu dan selalu menjaganya setiap waktu. (SDM/bz)

No comments

Powered by Blogger.