Diduga Kejar Setoran Camat Ganti Pjs Kades

Warga Laporkan Camat Ke Komisi I DPRD OI
OI Indralaya oganpost.com-Diduga demi kepentingan pribadi dan kejar target setoran jelang pencairan dana desa, Camat Rantau Alai Kabupaten Ogan Ilir (OI) Mustakimah, mengangkat 7 orang guru yang diduga orang dekatnya menjadi Pjs Kades.Atas tindakan tersebut warga setempat akhirnya melaporkan Mustakimah kepad Komisi I DPRD OI, Senin (9/5).

Sumar, salah seorang perwakilan warga menjelaskan, tujuh orang guru tersebut berasal dari berbagai desa antara lain SP Kilip, Talang Sari, Lebung Bandung,Tanjung Mas, Kertabayang, Sukananti Baru, dan Mekar Sari,“Kami sangat menyayangkan sikap Camat Rantau alai yang seenaknya saja menunjuk Pjs Kades. Parahnya lagi yang ditunjuk sebagai Pjs Kades merupakan tenaga pendidik, padahal belum ada rekomendasi dari Kacabdin Pendidikan Rantau Alai," jelasnya.

Menuruntnya, ulah Camat Rantau Alai yang seenaknya saja menunjuk Pjs Kades dari tenaga pendidik ini dimungkinkan dilatarbelakangi oleh kepentingan tertentu, apalagi sekarang menjelang pencairan dana desa,"Bisa jadi ini merupakan momentum bagi oknum tertentu untuk memuluskan kepentingannya dengan menunjuk orang-orang kepercayaan," katanya.

Sementara, Anggota DPRD OI Dapil Rantau Alai Ahmad Yadi SH menuturkan, pengangkatan Pjs Kades di wilayahnya terkesan terburu-buru. Padahal waktu pemilihan Kades serentak tinggal 4 bulan lagi.

"Seharusnya Pjs Kades yang lama dapat dipertahankan sembari menunggu hasil Pilkades serentak, hal ini agar tidak menimbulkan masalah di tengah masyarakat,bisa saja pergantian Pjs Kades yang terkesan mendesak ini merupakan aksi jelang pencairan dana desa,apakah ini kejar target setoran untuk oknum Camat atau ada hal lain, tentu masalah ini harus ditindak lanjuti instansi terkait,"tuturnya. (arie)

No comments

Powered by Blogger.